40 Ribu Warga Terima Zakat dari Keluarga Rahmad Mas’ud

0
122
Rahmad Mas'ud menyerahkan zakat secara simbolis kepada perwakilan masyarakat Kampung Baru, Balikpapan Barat. Tahun ini, keluarga Wakil Wali Kota Balikpapan menyalurkan zakat kepada sekitar 40 ribu warga.

Sekitar 40 ribu warga Balikpapan menerima zakat dari keluarga besar Rahmad Mas’ud. Pembagian zakat diserahkan melalui Yayasan Rahmad Mas’ud Ceter (RMC) sejak sepekan terakhir.

Pembagian zskat kepada masyarakat menjadi agenda rutin yang selalu digelar keluarga besar Rahmad Mas’ud dalam beberapa tahun terakhir. Namun tahun ini, jumlah penerima zakat lebih banyak dibanding tahun sebelumnya, karena Covid-19.

Rahmad Mas’ud ditemani istri, Nurlena,  membagikan secara simbolis zakat di Kelurahan Manggar Balikpapan Timur maupun di Kelurahan Baru Tengah, Balikpapan Barat, Minggu 10/05) pagi.

“Jumlahnya sedikit bertambah dari tahun-tahun kemarin. Sebelumnya sekitar 30 ribu warga, tahun ini  sekitar 40 ribu, yang terdata melalui RT masing-masing kelurahan,” kata Rahmad Mas’ud yang saat ini menjabat Wakil Wali Kota Balikpapan.

Menurutnya, untuk penyaluran zakat tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena mengikutibanjuran Pemerintah. “Tidak boleh  berkumpul dalam jumlah yang besar untuk mencegah penularan. Makanya kami langsung datangi rumah warga.”

Sebelumnya, pembagian zakat keluarga pengusaha ini di tempat-tempat tertentu.  Seperti di masjid atau di aula. “Tahun ini dibagi melalui RT-RT satu per satu,” ujarnya.

Pihaknya juga melibatkan petugas mengawal pembagian yang dilakukan di RT masing-masing, sehingga tertib. “Mudah-mudahan bermanfaat. Ini zakat keluarga besar kami yang setiap tahun kami salurkan, sekarang ditengah wabah ini,” ujarnnya.

Dia menargetkan, pada 20 hari Ramadan pembagian zakat sudah tuntas, karena pembagian untuk Balikpapan Utara juga sudah selesai. “Hari ini di Balikpapan Timur dan Balikpapan Barat bersamaan. Kita bagi agak cepat kemarin, karena supaya jangan menumpuk nanti pembagian,” ujarnya.

“Balikpapan Timur semua kelurahan, jadi semua tim-tim dari RMC ini bergerak di RT masing-masing yang dibantu RT-RT yang mendata warganya. Saya harap ini cepat selesai kita,”

Dia menambahkan, Pemerintah Kota Balikpapan juga menyalurkan bantuan sembako selama 4 bulan bagi warga yang terdampak covid-19. “Jadi bagi warga yang terdampak nanti bisa daftar melalui RT masing-masing, Insyaallah pasti dapat nanti,” pungkasnya.

Selain di Balikpapan, pembagian zakat juga dilakukan di Kabupaten Penajam Paser Utara, dimana bupati setempat merupakan adik kandung Rahmad Mas’ud.

Keluarga Mas’ud dikenal sebagai keluarga politisi. Tapi jauh sebelumnya, mereka dikenal sebagai saudagar bidang perkapalan. Keluarga ini dikenal sebagai dermawan sejak lama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here