Hore! Beasiswa Kaltim Dibuka Lagi

0
124
Beasiswa membuat para pelajar dan mahasiswa semangat mengejar berprestasi. (lin)

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur kembali membuka kesempatan bagi pelajar dan mahasiswa untuk memperoleh beasiswa. Rencananya, pendaftaran akan dibuka antara Maret-April tahun ini.

Rencana ini dikatakan Wakil Gubernur, Hadi Mulyadi kemarin, Po. Pak Wagub bilang “yang pasti akan dibuka lagi tahun ini. Baik beasiswa stimulan atau tuntas,” ujarnya. Beasiswa stimulan itu maksudnya buat para pelajar maupun santri. Mulai SD sampai SMA.

Jangka waktunya sesuai kebutuhan pada tahun anggaran berjalan, dengan alokasi dana bantuan bervariasi menurut jenjang pendidikan. Masih bingung?  Sederhananya begini, nilai beasiswa berbeda antara siswa SD, SMP, SMA. Bantuannya di kasih selama satu semester.

Selanjutnya untuk kategori beasiswa, dibagi menjadi dua. Yaitu beasiswa stimulan umum dan stimulan khusus. Bingung lagi? Begini. Untuk beasiswa stimulan umum, syaratnya nilai akademik di atas rata-rata, alias baik, atawa berprestasi.

Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi. (lin)

Sedangkan  stimulan khusus, maksudnya, penerima beasiswa miskin, penyandang disabilitas dan berkebutuhan khusus, dari pedalaman daerah Terluar, Terpencil, Terisolir (3T), anak/cucu veteran, anak korban KDRT, penghafal kitab suci/Al Qur’an (Hafidz/hafidzoh 30 Juz).

Itu baru Beasiswa Stimulan. Lantas, apa yang dimaksud Beasiswa Kaltim Tuntas (Tuntas)?

Sasarannya adalah mahasiswa yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) Kalimantan Timur yang menempuh pendidikan tinggi. Dan mahasiswa yang secara khusus dikirim Pemprov Kaltim untuk menempuh pendidikan tinggi. Mahasiswa lah, jelasnya. Kategori penerimanya ada tiga, yakni umum, khusus, dan kerja sama.

Khusus pendaftaran tahun ini, kata Wagub, akan ada beberapa komponen baru dan tambahan kategori. Jadi kemungkinan penerima beasiswa bisa bertambah. “Yang sudah pernah menerima bisa mengajukan lagi,” kata Hadi Mulyadi. Semua persyaratan bisa dilihat di sini.

Asal tau saja Po, tahun lalu Pemprov Kaltim kasih Beasiswa Kaltim Tuntas dan Stimulan sebanyak Rp 149,93 miliar. Dari jumlah itu ada 13.332 penerima. Sedangkan pendaftarnya mencapai 24 ribu orang. (bb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here