Ini Protokol Layanan Rumah Makan Selama Pandemi

0
126
Ilustrasi: suasana sebuah rumah makan sebelum pandemi corona. Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud menyatakan, pemerintah bakal mengeluarkan protokol untuk rumah makan yang tetap beroperasi.

Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud menyarankan masyarakat mengutamakan belanja keperluan secara online. Pada saat bersamaan, ia juga berharap para pelaku usaha kuliner atau rumah makan, menetapkan protokol selama pandemi.

“Melalui protokol ini, kita melindungi masyarakat supaya tidak terjangkit corona, sekaligus menjaga supaya pemilik usaha tetap bisa menjalankan bisnisnya,” kata Wawali.

Standar kebersihan restoran/rumah makan dalam menghadapi penyebaran virus corona (Covid-19) sebagai berikut:

1. Membatasi layanan hanya untuk dibawa pulang secara langsung (take away), melalui pemesanan secara daring, dan/atau dengan fasilitas telepon/layanan antar.
2. Menjaga jarak antrean berdiri maupun duduk paling sedikit 1 (satu) meter antar pelanggan.
3. Menerapkan prinsip higiene sanitasi pangan dalam proses penanganan pangan sesuai ketentuan.
4. Menyediakan alat bantu seperti sarung tangan dan/atau penjepit makanan untuk meminimalkan kontak langsung dengan makanan siap saji dalam proses persiapan, pengolahan dan penyajian
5. Memastikan kecukupan proses pemanasan dalam pengolahan makanan sesuai standar.
6. Melakukan pembersihan area kerja, fasilitas dan peralatan, khususnya yang memiliki permukaan yang bersentuhan langsung dengan makanan.
7. Menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun bagi pelanggan dan pegawai.
8. melarang bekerja karyawan yang sakit atau menunjukkan suhu tubuh di atas normal, batuk, pilek, diare dan sesak nafas.
9. Mengharuskan bagi penjamah makanan menggunakan sarung tangan, masker kepala dan pakaian kerja sesuai pedoman keselamatan dan kesehatan kerja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here