Wawali Pesan Perketat Jalur Pelayaran Dari China

0
104
Suasana Teluk Balikpapan yang syahdu.. kapal-kapal tetap lalu-lalang seperti biasa. (lin)

Wakil Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud, meminta Persatuan Pengusaha Pelayaran Niaga Nasional Indonesia atau Indonesian National Shipowners’ Association (INSA), mewaspadai jalur masuk pelayaran dari China dan Hong Kong. Pejabat yang akrab disapa Pak Haji oleh warga Balikpapan itu khawatir virus Corona masuk ke kota ini.

“Karena kita ada direct call (pelayaran langsung) dari luar dengan Hongkong, Jepang dan China. Nah itu perlu diwaspadai.  Terutama para ABK. Kru kapalnya,” kata Pak Haji. Karena itu, pemerintah akan sosialisasi lagi.

Menurut Rahmad Mas’ud, penyebaran Corona melalui pelayaran sangat mungkin terjadi. “Karena itu yang sangat bahaya, biasanya para agen ini langsung datang ke kapal, komunikasi sama ABK. Ini risikonya lebih besar lagi,” jelasnya.

Wakil Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud yang biasa dipanggil Pak Haji. (lin)

“Kita warning teman-teman INSA dan para agen yang melayani kapal asing untuk lebih waspada dalam mencegah virus Corona,” kata pria yang juga menjabat sebagai Ketua INSA Balikpapan ini.

Rahmad Mas’ud kembali menekankan bahwa tidak hanya waspada terhadap manusianya, tapi juga barang yang dikirim. “Untuk  pencegahan, saya sudah secara lisan menyampaikan ke INSA untuk rapat. Dan KSOP juga kita sudah sampaikan karena regulasi dari KSOP,” kata Rahmad.

Dari catatan INSA, barang yang datang dari China jumlahnya lebih banyak. Karena itu kewaspadaan perlu ditingkatkan, supaya virus yang menyerang pernapasan itu tidak menyebar di Balikpapan.

Dia berharap KSOP yang merupakan regulator bisa mensosialisasikan ke agen agen pelayaran di balikpapan. Pemerintah mencata sampai saat ini belum ada gangguan, atau penemuan virus itu. “Kalaupun ditemukan, kami  minta langsung ke kementerian untuk menyetop alur perdagangan dari China,” imbuhnya.

Sejauh ini traffic pelayaran dari dan ke Balikpapan masih normal. Tak terpengaruh Corona.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here